Bom 17 Juli 2009 Jakarta

Posted: February 7, 2010 in Kebudayaan

Hotel Ritz Carlton dan Hotel J.W. Marriot

Locus of Causality
Internal Eksternal
Controllability Stable Unstable Stable Unstable
Controllable Teroris memiliki organisasi yang sangat terstruktur, sistematis dalam mengincar targetnya. Amerika dan Australia menjadi target mereka yang paling penting.

Ritz Carlton menjadi tempat pertemuan rutin para pengusaha-pengusaha perusahan multinational sehingga menjadi sasaran pemboman para teroris yang mengincar kapitalis

Petugas keamanan di pintu belakang sedang asik mengobrol dengan rekan kerjanya sehingga tidak cermat memeriksa bom yang dibawa masuk saat itu

Ritz Carlton akan kedatangan klub terkenal Liga Inggris (MU) dan JW. Marriot menjadi tempat penginapan TIMNAS Indonesia. Kedua tim akan bertanding pada hari Senin 20/7. Hal ini dikacaukan teroris untuk membuat sponsor rugi besar.

Barang-barang yang dibawa Mobil Box tidak pernah mendapat pemeriksaan  sehingga bom yang dibawa dengan mobil box bisa lepas dari pemeriksaan petugas Sedang ada kerusakan pada alat pemindai Logam yang punya presisi tinggi (yang bisa mengklasifikasi jenis-jenis logam) di kedua hotel
Uncontrollable Security belum lihai membaca gerak-gerik teroris yang sudah direncanankan dengan baik oleh jaringan mereka. Petugas keamanan tidak bisa berbuat apa-apa untuk menghalangi pemboman. Petugas keamanan di pintu belakang yang ahli bertugas memegang pemindai bom sedang berada di toilet karena saat itu kebetulan mengalami sakit perut yang menyiksa. Jadi, alat pemindai bom dipengang saat itu oleh orang yang belum terampil benar mengoperasikan-nya. Struktur bom yang rumit sehingga tersamarkan dengan baik dan tidak terbaca dalam alat pemindai seadanya.

Sentimen kebencian di Barat (terutama Amerika) terhadap Islam membuat munculnya kelompok radikalisme Islam sebagai kelompok tandingan. Mereka melakukan  pembalasan  dengan melakukan aksi terorisme bom.

Bom disembunyikan dengan sangat jeli (dalam tas laptop) sehingga security tidak mencurigai bahwa dalam tas laptop tersebut berisi bom dengan daya ledak yang cukup besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s